PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mengeluarkan dengan sah klinik di atas kereta atau Rail Clinic. Peluncuran Rail Clinic dilaksanakan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Rail Clinic ini diklaim jadi sarana serta pelayanan kesehatan pertama yg berada di atas kereta di Indonesia. Pengerjaan kereta ini memakan banyak waktu 70 hari.

Arah dari kehadiran Rail Clinic ini diinginkan bisa menopang memberikannya service kesehatan untuk beberapa pegawai serta penduduk di selama jalan kereta serta bisa menopang pemerintah untuk memberikannya pelayanan kesehatan pada penduduk di wilayah khusus yg tidak bisa dijangkau oleh kendaraan bermotor. Diluar itu Rail Clinic bisa dipakai bila ada situasi bahaya atau satu tragedi.

Serangkaian Rail Clinic terdiri atas 2 kereta yg masing–masing mempunyai tata ruangan serta style service kesehatan yg tidak sama. Untuk beberapa umumnya, sarana service kesehatan yg bakal dikasihkan di Rail Clinic yaitu style service kesehatan primer atau service tingkat tertama. Sebelum dibawa ke service sekunder diperlukan perlakuan awal lebih dahulu untuk turunkan angka kesakitan. Kereta pertama menyiapkan sarana untuk service bahaya misalnya perlindungan hidup basic (basic life dukungan seperti CPR), alat monitoring untuk memandang sinyal krusial pasien, alat shock/kejut jantung, perbuatan bedah minor, rekam jantung (electrocardiography), perlakuan pertama masalah trauma, lampu baca hasil rontgen , pengecekan gigi serta pengecekan laboratorium. Kereta Ke-2 menyiapkan fassilitas pengecekan ibu hamil, menyusui, serta bersalin. Diluar itu ada juga sarana pengecekan umum serta sarana service farmasi.Sarana ini butuh 4 orang dokter serta 10 perawat.

Kereta kesehatan pertama ini diperkirakan bakal menunaikan pekerjaan pertamanya pada 19 Desember 2015 lalu dengan memberikannya service kesehatan gratis pada penduduk di lebih kurang Stasiun Wojo, Kecamatan Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Kereta Klinik yg dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia juga sekaligus masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) atas klinik kereta pertama di Indonesia. Peluncuran kereta kesehatan atau Rail Clinic ini dilaksanakan untuk memberikannya service lebih pada penduduk. Utamanya di bagian kesehatan.

Sumber Gambar: Youtube

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *